HAL YANG DIPERSIAPKAN SETELAH LAMARAN (PART 1)

Pertengahan Maret 2017. H+2.5 bulan dari lamaran.

Aku akan coba membuat recap apa saja yang sudah aku dan Andri tuntaskan sampai H+2.5 bulan lamaran ini

Setelah lamaran, aku dan Andri lumayan intens ngurusin hal-hal yang diperlukan untuk pernikahan kami nanti. Karena kami bener-bener ngurusin persiapan pernikahan ini berdua tanpa wedding planner, wedding organizer bahkan tanpa melibatkan orangtua, jadi hampir setiap weekend kami habiskan untuk ngurusin perintilan pernikahan. Mulai dari survey, meeting dengan vendor sampai pergi ngubek-ngubek pasar untuk cari yang kita butuhkan.

Tentang Venue Pernikahan

Saran aku, ketika kamu dan pasangan udah punya niat untuk menikah dan udah di approve sama kedua orangtua, pertama kali yang harus disegerakan adalah mencari venue pernikahan. Tentuin tema nikahnya mau indoor atau outdoor. Sebagai referensi awal, kamu bisa cari  ide dan tempat-tempat pernikahan di kota mu melalui website weddingku atau bridestory. Dua website ini membantu aku banget buat nge-set rencana awal.

Nah, kalau udah ada inceran gedung atau tempat mana aja yang kira-kira sesuai sama keinginan mu, jangan lupa untuk survey langsung ke TKP, karena biasanya foto-foto dan informasi yang tersedia di internet kurang update dan dengan survey langsung kamu bisa ngerasain ambience dari tempat itu. Hal yang harus jadi pertimbangan memilih venue adalah luas dan kapasitas ruangan, kondisi venue, lahan parkir, akses menuju venue tersebut dan yang tidak kalah pentingnya adalah aturan-aturan yang berlaku di venue tersebut. Jangan kaget kalau nanti ketemu venue yang kamu udah sreg banget tapi ternyata si venue tersebut membebankan banyak charges untuk ini-itu yang membuat anggaran jadi over-budget (curcol banget buk!) xD

Aku dan pasangan ku udah mulai survey tempat sejak sebelum lamaran. Kita datengin semua venue yang menurut kita sesuai dengan kriteria yang kita mau, ketemu pihak pengelolanya dan gali semua informasi yang kita butuhkan termasuk mencatat tanggal-tanggal kosong dimana venue tersebut masih available. Karena pada saat survey itu aku masih belum punya kepastian tanggal menikah, jadi gak nanggung-nanggung aku catat semua tanggal kosong venue tersebut sampai akhir tahun. hehe. Tanggal kosong itu lah yang juga jadi salah satu pertimbangan aku, pasanganku dan keluarga untuk memilih tanggal pernikahan.

Alhamdulillah urusan venue sekarang sudah beres. Karena sudah survey dari sebelum lamaran, jadi H+1 lamaran kami langsung nentuin venue mana yang akan jadi tempat pernikahan kami dan membayar DP untuk ‘mengamankan’ tanggal pernikahan kami.

TENTANG CATERING, DEKORASI, ENTERTAINMENT DAN MC

Gak banyak yang bisa aku ceritakan tentang vendor catering, dekorasi, entertainment (band) dan MC karena 4 vendor ini sudah termasuk dalam paket pernikahan yang ditawarkan oleh venue pernikahan ku, jadi aku hanya bisa pasrah dengan pilihan vendor rekanan dari venue ku itu.

Food testing dijadwalkan bulan April, meeting awal dengan vendor dekorasi sudah, pilihan list lagu untuk band juga sudah disiapkan. Tinggal berdoa semoga semuanya lancar dan sesuai harapan. Aamiiin.

Tentang CinciN

Jadi, aku dan Andri hanya membeli sepasang cincin yang akan digunakan pada saat lamaran dan juga pernikahan. Pertimbangannya adalah menurutku pemasangan cincin saat lamaran itu hanya sebagai simbolis saja, jadi menurut ku tidak perlu membeli cincin khusus lamaran. Pertimbangan lainnya tentu saja untuk menghemat budget hehehe xD

Urusan cincin ini sudah selesai dari sebelum lamaran. Awalnya aku dan Andri berencana ingin pakai cincin dari bahan titanium, alasannya karena we both love black. Kita suka banget warna hitam dan cincin titanium yang berwarna hitam itu terlihat super cool (alasan cetek) xD Meluncur lah kami ke Toko Mas Kaliem di Melawai Plaza. Di Toko Kaliem ini pilihan cincinnya banyak banget, dari titanium, paladium, platinum, perak, gold, emas putih bahkan emas rosegold juga ada. Range harganya juga luas, dari jutaan sampai puluhan juta.

Nah begitu sampai di TKP, aku langsung cobain cincin hitam berbahan titanium dengan berbagai model, tapi ternyata gak ada satupun yang cocok di jari buntet ku. Setelah bingung pilih-pilih akhirnya kami memutuskan untuk memilih cincin klasik berbahan emas putih untuk aku dan cincin paladium untuk Andri. Gak lupa kami minta untuk di grafir nama kami berdua di dalam cincinnya. Say goodbye deh untuk cincin titanium hitam yang super cool, ternyata kamu tidak tampak cool di jari ku huhu.

Kurang lebihnya seperti ini penampakan cincin yang kami pilih

Toko Mas Kaliem | Melawai Plaza Lantai 1 No.204-209 Jakarta Selatan

Bersambung ke PART 2

– Aulia | @bibebastory

Advertisements

One thought on “HAL YANG DIPERSIAPKAN SETELAH LAMARAN (PART 1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s