MEMBUAT WEDDING MOOD BOARDS

Aku masih inget beberapa tahun lalu ketika pertama kalinya aku dapat undangan pernikahan dari teman, disitulah aku mulai “kecanduan” untuk liat-liat tema dan design pernikahan orang-orang melalui internet. Dari banyak foto yang aku lihat dan dari beberapa undangan pernikahan yang sempat aku datangi, aku berkesimpulan bahwa design pernikahan yang menarikย adalah pernikahan yang di design dengan suatu tema yang jelas.

Saat mempersiapkan pernikahan kita pasti banyak searching sehingga banyak nemuin perintilan atau ide-ide pernikahan yang kita taksir, nah masalahnya apakah perintilan dan ide tersebut cocok dengan keseluruhan tema yang sudah kita pilih. Wedding mood boards ini ngebantu kita untuk menyusun big ideas dari design pernikahan yang kita mau, mengkomunikasikannya secara visual kepada para vendor sehingga kamu dan vendor mempunyai bayangan dan persepsi yang sama terhadap design pernikahan tersebut dan juga membuat kita tetap on the track.

Sederhananya, untuk membuat wedding mood boards ini kita tinggal membuat kolase atau mengumpulkan ide-ide dekor pernikahan yang kita taksir ke dalam satu halamanย kertas kerja. Mau pakai program atau aplikasi collage photo apapun bisa banget buat bikin wedding mood boards ini. Aku sendiri pakai program CorelDRAW dan PhotoScape. Setelah foto-foto dijadikan satu, akan semakin terlihat big ideas dari konsep dekorasi dan ambience yang mau kita bangun di pernikahan nanti. Semakin mudah juga buat kita untuk mensortir mana ide yang cocok dengan tema besar dekorasi yang kita mau dan mana yang tidak. Sebagai contoh, aku akan perlihatkan wedding mood board yang aku buat disaat pertama kali aku menyusun big ideas pernikahan ku dan wedding mood board yang sudah fix aku kasih ke vendor.

Before

After

Dari dua wedding mood boards tersebut bisa keliatan perbandingan “mood” nya. Di wedding moodboards pertama, ada ide dekor yang aku rasa tidak masuk dengan konsep yang aku mau dan akhirnya aku buang lalu aku perbaiki di wedding mood boards yang kedua agar “mood” nya lebih sesuai dengan yang aku inginkan.

Setelah membuat wedding mood boards, kita akan jauh lebih mudah untuk menentukan color palette yang akan digunakan untuk warna baju pengantin dan seragam keluarga. Berhubung saat ini warna kebaya pernikahan yang nanti akan aku gunakan masih ingin aku rahasiakan, jadi aku akan kasih lihat contoh bentuk color palette yang aku pakai saat lamaran kemarin ๐Ÿ™‚

color palette lamaran

Untuk lamaran ku kemarin di dominasi oleh warna navy blue, sky blue dan grey. Tapi aku tetap masukan sedikit warna-warna cerah di backdrop belakangnya sebagai aksen supaya terlihat lebih ‘segar’. FYI, backdrop bunga kertas yang di cat itu aku bikin sendiri, lengkapnya bisa baca disini ๐Ÿ™‚

Well, semogaย sharing ini bisa bermanfaat yaa ๐Ÿ™‚

– Aulia | @bibebastory

Leave a Reply

